Saturday, January 28, 2012

Aku Mau Kuliah!

Akhir-akhir ini sering mendengar obrolan adik-adik kelas XII yang akan segera lulus dan akan memasuki bangku perkuliahan. Atau obrolan ibu-ibu mereka yang ikut sibuk ngurusin anaknya yang mau masuk universitas yang terbaik dari yang terbaik.

Gue jadi inget kalau gue pun pernah mengalaminya. Sibuk meributkan ingin masuk universitas ini dan itu. Yang terbaik (manurut saya, dan memang sudah diakui terbaik di Indonesia). Dulu, yang ada di otak gue saat ingin memilih universitas, yang terlintas adalah universitas yang sudah memiliki nama (itu pasti). Korban gengsi, mungkin? Entah apa namanya, yang pasti mindset gue adalah kuliah di universitas ternama adalah (termasuk) prestasi yang membanggakan. Sampai gue tidak terlalu menghiraukan universitas yang ada di Kota gue sendiri.

Sampai pada akhirnya pun gue memang masuk universitas yang tidak terlalu punya nama. Banyak yang tidak tau dimana kampus saya berada walau kampus saya adalah kampus negeri bukan swasta. Tapi, kampus gue adalah satu-satunya kampus negeri di provinsi Banten. Awalnya sih (agak) minder dengan teman-teman yang kuliah di universitas ternama di Indonesia. Tapi lama kelamaan gue mikir, sebenernya apa kita benar-benar paham alasan kenapa kita ingin kuliah, alasan kenapa kita ingin masuk suatu universitas, alasan kenapa kita memilih satu jurusan. Sampai satu titik gue menyadari bahwa bukan dimana kita belajarlah yang menjadi masalah. Bukan seberapa terkenalkah kampus kita. Bukan mahal atau murahnya biaya kuliah kita. Tetapi apakah kita bisa menjadi berprestasi dimana kita kuliah.

Jadi buat adik-adik kelas XII, semoga kalian bisa memilih dengan tepat. Dan good luck!